CariDotMy

 Forgot password?
 Register

ADVERTISEMENT

1234Next
Return to list New
View: 7046|Reply: 68

Di mana Allah?

[Copy link]
Post time 5-11-2006 05:23 PM | Show all posts |Read mode
Berikut saya sertakan hadis2 yg berkaitan persoalan ini.. Renungkan wahai member2 forumner...

Rasulullah Kata?
"Orang-orang yang penyayang, mereka itu akan disayang oleh Allah Tabaaraka wa Ta'ala, oleh karena itu sayangilah orang-orang yang di muka bumi, niscaya Dzat yang di atas langit akan menyayangi kamu". (Shahih. Diriwayatkan oleh Imam-imam : Abu Dawud No. 4941. Ahmad 2/160. Hakim 4/159. dari jalan Abdullah bin 'Amr bin 'Ash. Hadits ini telah dishahihkan oleh Imam Hakim dan telah pula disetujui oleh Imam Dzahabi. Demikian juga Al-Albani telah menyatakan hadits ini shahih dikitabnya "Silsilah Shahihah No. 925")
"Barangsiapa yang tidak menyayangi orang yang di muka bumi, niscaya tidak akan disayang oleh Dzat yang di atas langit". (Shahih, diriwayatkan oleh Imam Thabrani di kitabnya "Mu'jam Kabir No. 2497)
"Tidakkah kamu merasa aman kepadaku padahal aku orang kepercayaan Dzat yang di atas langit, datang kepadaku berita (wahyu) dari langit di waktu pagi dan petang". (Shahih, diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim 3/111 dan Ahmad 3/4)
"Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya ! Tidak seorang suamipun yang mengajak istrinya ke tempat tidurnya (bersenggama), lalu sang istri menolaknya, melainkan Dzat yang di atas langit murka kepadanya sampai suaminya ridla kepadanya ".(Shahih, diriwayatkan oleh Imam Muslim 4/157)
"Silih berganti (datang) kepada kamu Malaikat malam dan Malaikat siang dan mereka berkumpul pada waktu shalat shubuh dan shalat ashar. Kemudian naik malaikat yang bermalam dengan kamu, lalu Tuhan mereka bertanya kepada mereka, padahal Ia lebih tahu keadaan mereka : "Bagaimana (keadaan mereka) sewaktu kamu tinggalkan hamba-hamba-Ku ? Mereka menjawab : "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat dan kami datang kepada mereka dalam keadaan shalat". (Shahih, diriwayatkan oleh Imam Bukhari 1/139 dan Muslim 2/113 dll).
"Jabir bin Abdullah telah meriwayatkan tentang sifat haji Nabi dalam satu hadits yang panjang yang didalamnya diterangkan khotbah Nabi SAW di padang 'Arafah : "(Jabir menerangkan) : Lalu Nabi SAW mengangkat jari telunjuknya ke arah langit, kemudian beliau tunjukkan jarinya itu kepada manusia, (kemudian beliau berdo'a) : "Ya Allah saksikanlah ! Ya Allah saksikanlah ! ( Riwayat Imam Muslim 4/41).
Rasulullah SAW pernah mengajukan pertanyaan kepada seorang budak perempuan milik Mua'wiyah bin Al-Hakam As-Sulamy sebagai ujian keimanan sebelum ia dimerdekakan oleh tuannya yaitu Mu'awiyah, beliau bertanya kepadanya, "Di manakah Allah ? Jawab budak perempuan, "Di atas langit" Beliau bertanya lagi, "Siapakah Aku ..?". Jawab budak itu : "Engkau adalah Rasulullah". Beliau bersabda : "Merdekakan ia ! .. karena sesungguhnya ia mu'minah (seorang perempuan yang beriman)".




1. Hadits shahih. Dikeluarkan oleh Jama'ah ahli hadits, diantaranya, Imam Malik (Tanwirul Hawaalik syarah Al-Muwath-tho juz 3 halaman 5-6).
2. Imam Muslim (2/70-71)
3. Imam Abu Dawud (No. 930-931)
4. Imam Nasa'i (3/13-14)
5. Imam Ahmad (5/447, 448-449)
Sahabat Kata?.
Umar bin Khatab pernah mengatakan :
"Hanyasanya segala urusan itu (datang/keputusannya) dari sini". Sambil Umar mengisyaratkan tangannya ke langit " [Imam Dzahabi di kitabnya "Al-Uluw" hal : 103 mengatakan : Sanadnya seperti Matahari (yakni terang benderang keshahihannya)].
Ibnu Mas'ud berkata : Artinya : "'Arsy itu di atas air dan Allah 'Azza wa Jalla di atas 'Arsy, Ia mengetahui apa-apa yang kamu kerjakan".
Riwayat ini shahih dikeluarkan oleh Imam Thabrani di kitabnya "Al-Mu'jam Kabir" No. 8987. dan lain-lain Imam.
Imam Dzahabi di kitabnya "Al-Uluw" hal : 103 berkata : sanadnya shahih,dan Muhammad Nashiruddin Al-Albani menyetujuinya (beliau meringkas dan mentakhrij hadits ini di kitab Al-Uluw).
Tentang 'Arsy Allah di atas air ada firman Allah 'Azza wa Jalla.


"Dan adalah 'Arsy-Nya itu di atas air" (Hud : 7)


Anas bin Malik menerangkan :
"Adalah Zainab memegahkan dirinya atas istri-istri Nabi SAW, ia berkata : "Yang mengawinkan kamu (dengan Nabi) adalah keluarga kamu, tetapi yang mengawinkan aku (dengan Nabi) adalah Allah Ta'ala dari ATAS TUJUH LANGIT".
Dalam satu lafadz Zainab binti Jahsyin mengatakan :
"Sesungguhnya Allah telah menikahkan aku (dengan Nabi) dari atas langit". (Riwayat Bukhari juz 8 hal:176). Yakni perkawinan Nabi SAW dengan Zainab binti Jahsyin langsung Allah Ta'ala yang menikahinya dari atas 'Arsy-Nya.
Firman Allah di dalam surat Al-Ahzab : 37
"Kami kawinkan engkau dengannya (yakni Zainab)".




Tabiin kata?
Mujahid (seorang Tabi'in besar murid Ibnu Abbas), berkata,
Ia istawaa (bersemayam) di atas Arsy maknanya :
"Ia berada tinggi di atas Arsy"
(Riwayat Imam Bukhari dalam sahihnya Juz 8 hal : 175)
Ulama kata?.
Adz-Dzahabi :
"Dan demikian ra'yu kami (setuju dengan hadits) setiap orang yang ditanya : "Dimana Allah ? "Dia segera dengan fitrahnya menjawab : Di atas langit !. Didalam hadits ini ada dua masalah : pertama : Disyariatkan pertanyaan seorang muslim : Dimana Allah ?. Kedua : Jawaban orang yang ditanya : (Allah) di atas langit ! Maka barangsiapa yang mengingkari dua masalah ini berarti ia telah mengingkari Al-Musthafa (Nabi) SAW". (kitabnya Al-Uluw, hal : 81)


Imam Ad-Daarimi : "Di dalam hadits Rasulullah SAW ini, ada dalil bahwa seseorang apabila tidak mengetahui sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla berada di atas langit bukan bumi, tidaklah ia seorang mu'min".(Ar-Raddu 'Alal Jahmiyah, hal: 39)



Imam Ibnu Khuzaimah "Kami beriman dengan khabar dari Allah Jalla wa A'laa (yang Maha Besar dan Maha tinggi) sesungguhnya pencipta kami (Allah) Ia istiwaa di atas 'Arsy-Nya.

Kami tidak akan mengganti/mengubah Kalam (firman) Allah dan kami tidak akan mengucapkan perkataan yang tidak pernah dikatakan (Allah) kepada kami sebagaimana (kaum) Jahmiyyah yang menghilangkan sifat-sifat Allah, dengan mengatakan "Sesungguhnya Ia (Allah) istawla (menguasai) 'Arsy-Nya tidak istawaa!". Maka mereka telah mengganti perkataan yang tidak pernah dikatakan (Allah) kepada mereka seperti perbuatan Yahudi tatkala mereka diperintah mengucapkan : "Hith-thatun (ampunkanlah dosa-dosa kami)" Tetapi mereka mengucapkan : "Hinthah (gandum).?". Mereka (kaum Yahudi) telah menyalahi perintah Allah yang Maha Besar dan Maha tinggi, begitu pula dengan (kaum) Jahmiyyah". (At-Tauhid, hal 101)
Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


 Author| Post time 5-11-2006 05:23 PM | Show all posts
"Bukankah Ia telah memberitahukan kepada kita -wahai orang yang berakal, sesungguhnya Ia di atas langit" (At-Tauhid, hal 115)
Berkata Imam Ibnu Khuzaimah di kitabnya tersebut : "Tidakkah kalian mendengar wahai penuntut ilmu. Firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala kepada Isa bin Maryam, "Wahai Isa ! Sesungguhnya Aku akan mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku" (Ali Imran : 55)
Ibnu Khuzaimah menerangkan : Bukankah "mengangkat" sesuatu itu dari bawah ke atas (ke tempat yang tinggi) tidak dari atas ke bawah!. Dan firman Allah 'Azza wa Jalla, "Tetapi Allah telah mengangkat dia (yakni Nabi Isa) kepada-Nya" (An-Nisa' : 158).
Imam Malik ,Alangkah bagusnya jawaban Imam Malik ketika beliau ditanya :
"Bagaimana caranya Allah istiwaa di atas 'Arsy ?. Beliau menjawab :
"Istiwaa itu bukanlah sesuatu yang tidak dikenal (yakni telah kita ketahui artinya), tetapi bagaimana caranya (Allah istiwaa) tidaklah dapat dimengerti, sedang iman dengannya (bahwa Allah istiwaa) wajib, tetapi bertanya tentangnya (bagaimana caranya) adalah bid'ah".
(baca : Fatwa Hamawiyyah Kubra hal : 45-46)



Dalam menafsirkan ayat Al-Qur'an yang disebut di atas:
Imam Ibnu Khuzaimah di kitabnya "At-Tauhid" (hal : 114-115) diantara keterangannya : "Perkataan Fir'aun (sesungguhnya aku menyangka/mengira ia termasuk dari orang-orang yang berdusta) terdapat dalil bahwa Musa telah memberitahukan kepada Fir'aun :" Bahwa Tuhannya Yang Maha Besar dan Maha Tinggi berada di tempat yang tinggi dan di atas".
Berkata Imam Al-Asy'ary setelah membawakan ayat di atas, "Fir'aun telah mendustakan Musa tentang perkataannya; Sesungguhnya Allah di atas langit" (Al-Ibanah : 48).
Berkata Imam Ad-Daarimi di kitabnya "Raddu 'Alal Jahmiyyah hal : 37 Setelah membawakan ayat di atas : " Di dalam ayat ini terdapat keterangan yang sangat jelas dan dalil yang nyata, bahwa Musa telah mengajak Fir'aun mengenal Allah bahwa Ia berada di atas langit. Oleh karena itu Fir'aun memerintahkan membuat bangunan yang tinggi".
Berkata Syaikhul Islam Al-Imam As-Shaabuny di kitabnya "Itiqad Ahlus Sunnah wa Ashabul Hadits wal A'imah " (hal : 15) : "Bahwasanya Fir'aun mengatakan demikian (yakni menuduh Musa berdusta) karena ia telah mendengar Musa AS menerangkan bahwa Tuhannya berada di atas langit. Tidakkah engkau perhatikan perkataannya : "Sesungguhnya aku mengira dia itu berdusta" yakni tentang perkataan Musa : Sesungguhnya di atas langit ada Tuhan".
Imam Abu Abdillah Haarits bin Ismail Al-Muhaasiby diantara keterangannya : "Berkata Fir'aun : (Sesungguhnya aku mengira dia itu berdusta) tentang apa yang ia (Musa) katakan kepadaku : Sesungguhnya Tuhannya berada di atas langit". Kemudian beliau menerangkan : "Kalau sekiranya Musa mengatakan : "Sesungguhnya Allah berada di tiap-tiap tempat dengan Dzatnya, nisacaya Fir'aun akan mencari di rumahnya, atau di hadapannya atau ia merasakannya, -Maha Tinggi Allah dari yang demikian- tentu Fir'aun tidak akan menyusahkan dirinya membuat bangunan yang tinggi". (Fatwa Hamawiyyah Kubra : 73).
Berkata Imam Ibnu Abdil Bar : "Maka (ayat ini) menunjukan sesungguhnya Musa mengatakan (kepada Fir'aun) : "Tuhanku di atas langit ! sedangkan Fir'aun menuduhnya berdusta". (baca Ijtimaaul Juyusy Al-Islamiyyah hal : 80).
Berkata Imam Al-Waasithi di kitabnya "An-Nahihah fi Shifatir Rabbi Jalla wa 'Alaa" (hal : 23 cetakan ke-3 th 1982 Maktab Al-Islamy) : "Dan ini menunjukkan bahwa Musa telah mengabarkan kepadanya bahwa Tuhannya yang Maha Tinggi berada di atas langit. Oleh karena itu Fir'aun berkata : "Sesungguhnya aku mengira dia ini berdusta".
Imam Mazhab kata?.

Imam Abu Hanifah berkata :
"Barangsiapa yang mengingkari sesungguhnya Allah berada di atas langit, maka sesungguhnya ia telah kafir".
Adapun terhadap orang yang tawaqquf (diam) dengan mengatakan "aku tidak tahu apakah Tuhanku di langit atau di bumi". Berkata Imam Abu Hanifah : "Sesungguhnya dia telah 'Kafir !".
Karena Allah telah berfirman : "Ar-Rahman di atas 'Arsy Ia istiwaa". Yakni : Abu Hanifah telah mengkafirkan orang yang mengingkari atau tidak tahu bahwa Allah istiwaa diatas 'Arsy-Nya.




Imam Malik bin Anas telah berkata :
"Allah berada di atas langit, sedangkan ilmunya di tiap-tiap tempat, tidak tersembunyi sesuatupun dari-Nya".
Imam Asy-Syafi'iy telah berkata :
Artinya :
"Dan sesungguhnya Allah di atas 'Arsy-Nya di atas langit-Nya"
Imam Ahmad bin Hambal pernah di tanya, "Allah di atas tujuh langit diatas 'Arsy-Nya, sedangkan kekuasaan-Nya dan ilmu-Nya berada di tiap-tiap tempat.?
Jawab Imam Ahmad, "Benar ! Allah di atas 'Arsy-Nya dan tidak sesuatupun yang tersembunyi dari pengetahuan-nya".
Reply

Use magic Report

Post time 5-11-2006 06:01 PM | Show all posts
Originally posted by hackerGUY at 5-11-2006 05:23 PM
"Bukankah Ia telah memberitahukan kepada kita -wahai orang yang berakal, sesungguhnya Ia di atas langit" (At-Tauhid, hal 115)
Berkata Imam Ibnu Khuzaimah di kitabnya tersebut : "Tid ...


Kesimpulannya adakah tuan bersetuju Allah berada diatas langit??:hmm:
Reply

Use magic Report

 Author| Post time 5-11-2006 06:37 PM | Show all posts
Originally posted by UFWL at 5-11-2006 06:01 PM


Kesimpulannya adakah tuan bersetuju Allah berada diatas langit??:hmm:


Melihat pada dalil2 tersebut, yup..
Reply

Use magic Report

Post time 5-11-2006 06:41 PM | Show all posts
Originally posted by hackerGUY at 5-11-2006 06:37 PM


Melihat pada dalil2 tersebut, yup..


Sebelum Allah ciptakan langit dimana Allah duduk/bersemanyam/tinggal?
Reply

Use magic Report

Post time 5-11-2006 07:30 PM | Show all posts
Originally posted by hackerGUY at 5-11-2006 06:37 PM


Melihat pada dalil2 tersebut, yup..



Salam untuk semua...........

Pada saya satu-dua dalil belum mencukupi, bagaimana ayat yang mengatakan arasy ALLAH diatas air?
Apakah 'angkat' bagi ALLAH maksudnya setaraf dengan angkat sebagaimana perbuatan fizikal makhluk?...........
Sebelum apa-apa kesimpulan dibuat baiklah kita selidiki dahulu segala ayat yang berkaitan ALLAH dan kedudukanNya.
Walaupun saya berpegang kuat pada pendapat dan yakin bahwakedudukan ALLAH adalah salah satu DzatNya, dan amat sedikit yang kita ketahui mengenai Dzat Allah dan termasuk perkara Ghoib yang tidak perlu dipersoalkan........
Takut-takut........... namun sebagai menghormati pembuka thread ini yang mungkin mempunyai jawapan, seperti yang sya sarankan tadi, janganlah hanya kerana satu dalil semua jump into conclusion, biarlah kita lihat pula ayat-ayat yang lain sebelum kita memuktamadkan perkara ini.  Sekadar satu pandangan untuk dipertimbangkan.......
Ya ALLAH Ampunilah kami hambaMu.....
Reply

Use magic Report

Follow Us
 Author| Post time 5-11-2006 07:39 PM | Show all posts
Originally posted by ayyohpeen at 5-11-2006 07:30 PM



Salam untuk semua...........

Pada saya satu-dua dalil belum mencukupi, bagaimana ayat yang mengatakan arasy ALLAH diatas air?
Apakah 'angkat' bagi ALLAH maksudnya setaraf dengan angkat se ...


Saya sememangnya bersetuju that kita memang wajib mengkaji sebarang information yg sampai pada kita.. since forumner dah tau pasal issue nie, so buat kajian sendiri n carilah jawapannya.. semoga Allah memberi kita petunjuk dan hidayah..
Reply

Use magic Report

Post time 25-5-2008 06:09 PM | Show all posts

Reply #1 hackerGUY's post

BAK KATA YESUS KETIKA NAK KENA SALIB: "ELI ELI LAMA SEBAKTANI" atau "Robbi Robbi limazaa taraktani"
Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


Post time 25-5-2008 08:04 PM | Show all posts
huh!  bila punya thread ni tetiba naik balik?  ni boleh jadi gaduh ni.

sila ke thread yang ini...

http://forum.cari.com.my/viewthread.php?tid=294920
Reply

Use magic Report

Post time 25-5-2008 08:13 PM | Show all posts
hehehe.. dimana Allah.. soalan yang comel.

seorang mu'alaf bernama Yusuf Estes telah menjawab soalan ini.
Reply

Use magic Report

Post time 5-7-2008 02:46 PM | Show all posts
Apakah terlampau perlu untuk mengetahui dimana Allah berada? Adakah dengan cara demikian kita boleh mengelak dari diketahui Allah akan kemungkaran yg kita lakukan.

Bagi saya dimana Allah tidak penting, beriman/percaya kepadaNya itu lebih utama kerana Allah sentiasa bersama kita.

Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya, Qaf: 16
For We are nearer to him than (his) jugular vein. Qaf: 16

http://syurgadidunia.blogspot.com
Reply

Use magic Report

Post time 5-7-2008 06:07 PM | Show all posts

Reply #10 gunblade712's post

so the cute answer from estes would be ?
Reply

Use magic Report

Post time 5-7-2008 07:24 PM | Show all posts
where is god ... a good question

bg aku ... i don't bother much about this issue .....

because when i think of it ..... what's is up ....what's is down .... where is here ....what is there .... all this is marks our limitation of the the infinite universe ....where direction and our sense of direction are more or less are illusion perceive by our mind and senses.

to perceive ..... a direction and a location .... there should be .... a reference .... or in other words a sense for reference ..... just like our hands as a reference of right and left ...., to mark or determined the location of god .... we need an absolute reference ... so in this mind boggling huge universe ....what element or object should we use as reference ..... do we use the center of universe ..... can we find the this center.... those this center absolute and constant ....those it shift ..... since this this question cannot be answered definitively then we have lost the absolute reference to determine where god is .... so all we do .... is pointing here and there .... just based on assumption and interpretation of the revelation .... since this is the cause .... knowing the location of the creator becomes irrelevant and meaningless .....since we human being will know and maybe comprehend .... so don't bother urself with such question ..... just focus on other thing that can make a different...

for further analogy ..... let a physicist and it expert ...

if a physicist told the it expert about the theory of relativity..... if the it expert can't comprehend it does it have any effect on the it specialist.....no right ...the it expert will be the same person that he was before the explanation given to him ..... the same thing if the it expert understands it .... either way it does not change him and affects him ....
Reply

Use magic Report

Post time 5-7-2008 07:31 PM | Show all posts

Reply #13 fish_o7's post

hanya makhluk yang memerlukan reference.   
Reply

Use magic Report

Post time 13-9-2008 10:23 PM | Show all posts
nak tanya, orang Melayu selalu kata:

"Minah, kalau kau pergi Haji, ko doakan aku kat depan Kaabah ya, ditakdirkan Tuhan DENGAR doa kau,manalah tahu, kan?"

Saya nak tanya, apakah Allah tidak mendengar di saat kita berdoa kepada Dia?. Adakah bila dimakbulkan, baru dikatakan Tuhan itu Mendengar doa kita?.
Reply

Use magic Report

Post time 13-9-2008 11:33 PM | Show all posts

Balas #15 eastrun\ catat

sepatutnya jangan guna perkataan dengar tapi guna perkataan perkenan.  itula yang dimaksudkannya.
Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


Post time 14-9-2008 12:43 AM | Show all posts
Allah maha mendengar , Allah maha mengetahui,
bagi aku walau dimana kita berada Allah sentiasa dekat dengan kita.
tak perlu nak cari dimana2
dan aku yakin aku tidak dapat bersembunyi dari Nya.
Reply

Use magic Report

Post time 14-9-2008 10:14 AM | Show all posts

Reply #12 mbhcsf's post

the cute answer from Sheikh Yusuf Estes would be.. :

Allah is NOT IN HIS CREATION.

Allah is EVERYWHERE, meaning HIS LOVE IS EVERYWHERE, HIS SIGHT IS EVERYWHERE, HIS HEARINGS IS EVERYWHERE...

but ALLAH IS NOT IN HIS CREATION.

in other words, Allah DOESN'T NEED TIME AND/OR SPACE...

sbb apa? sbb surah Al-Ikhlas sendiri menerangkan..

1. Say: He is Allah, the One and Only;

2. Allah, the Eternal, Absolute;

3. He begetteth not, nor is He begotten;

4. And there is none like unto Him.

there is none ilke unto Him is the 4th verse.. meaning you cannot compare anything with Allah..

if you strictly believe that Allah resides in Heavens or the sky, you are comparing Allah with the ones on Earth.. (Allah is up there, we are down here)... but Allah says that you cannot compare anything with Allah...

that's the cute answer, which I am satisfied...


pasal hadith yang diberi oleh tuan rumah, sorry, tapi inilah pertama kali saya baca hadith tersebut....
Reply

Use magic Report

Post time 15-10-2008 12:22 AM | Show all posts
Allah ada dimana saja..

?w=300&h=225

?w=300&h=225
Firman Allah swt. bermaksud 揔ami akan memperlihatkan kepada mereka tanda & keterangan Kami di ufuk sana, dan dalam diri mereka sendiri sehingga jelas kepada mereka bahawa sesungguhnya Dia adalah benar. Adakah tidak cukup sesungguhnya Tuhanmu amat menyaksikan tiap sesuatu. Sesungguhnya mereka dalam keraguan terhadap pertemuan dengan Tuhan mereka (di Hari Pembalasan). Sesungguhnya Dia Maha Menggarap tiap sesuatu
Reply

Use magic Report

Post time 15-10-2008 03:33 PM | Show all posts
salam

ALLAH DIMANA-MANA....

dan

Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya, Qaf: 16
For We are nearer to him than (his) jugular vein. Qaf: 16


ADAKAH MASIH MAHU BERMAIN-MAIN???????????????????????????????
Reply

Use magic Report

You have to log in before you can reply Login | Register

Points Rules

 

ADVERTISEMENT



 

ADVERTISEMENT


 


ADVERTISEMENT
Follow Us

ADVERTISEMENT


Mobile|Archiver|Mobile*default|About Us|CariDotMy

10-1-2025 08:07 PM GMT+8 , Processed in 0.652398 second(s), 34 queries , Gzip On, Redis On.

Powered by Discuz! X3.4

Copyright © 2001-2021, Tencent Cloud.

Quick Reply To Top Return to the list