CariDotMy

 Forgot password?
 Register

ADVERTISEMENT

View: 106448|Reply: 951

WAHABI & ANCAMAN TERHADAP ASWJ (merged topics abusyafiq)

[Copy link]
abu_syafiq This user has been deleted
Post time 9-8-2006 03:24 PM | Show all posts |Read mode
ASSALAMU^ALAYKUM SEMUA.......

Sejak akhir-akhir ini sebahagian diantara kita kerap membaca dalam keratan akhbar mengenai fahaman Wahhabi di negara kita yang tercinta ini.  

Bagi memberi pendapat dalam soal ini ingin saya meminta agar jangan ada di kalangan pembaca yang tersilap faham mengenai timbul dan beterusannya isu ini dengan menyatakan kepada penulis isu ini sebagai 搈engapi-apikan masyarakat

Rate

1

View Rating Log

Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


Post time 9-8-2006 04:39 PM | Show all posts
[quote]Fathul Majid Syarah Kitabut Tauhid karangan  Abdur Rahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahhab m/s 453.  
Begitu juga Wahhabi menyatakan bahawa Asya抜rah bukan dari Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Lihat kenyataan Soleh bin Fauzan dalam kitabnya Min Masyahir Al-Mujaddidin Fil Islam m/s 32 terbitan Riasah 慉mmah Lil Ifta.  
Sedangkan umat islam sekarang berpegang dengan Asya抜rah dan Asya抜rah lah merupakan Ahlus Sunnah Waljamaah sepertimana yang ditegaskan oleh ulama
Reply

Use magic Report

Post time 9-8-2006 05:21 PM | Show all posts
menarik artikel ni. kalau boleh kita pakat2 check betul ke apa yg didakwa. kalu saya ada masa saya try setakat yg sempat sbb kitab Fathul Majid tu kwn saya ada.
Reply

Use magic Report

abu_syafiq This user has been deleted
 Author| Post time 9-8-2006 05:23 PM | Show all posts
Assalamu^alaykum...
Saya kira anda tak membaca dan menghayati tapi terus menyerang...mungkin ini adalah salah satu cara golongan yg memusihi islam. wallahu a'alam

Sebenarnya apabila anda bertanya apakah dalil penerimaan dan penolakan bersumberkan al-Quran dan as-Sunnah yang boleh dijadikan panduan oleh anda atas urusan tersebut telah pun terjawab pada penulisan saya yang pertama sebelum anda bertanya. saya telah sertakan dalil dari alquran dan hadis, hrp anda menerima alquran dan hadis ini :

Diantara akidah golongan Wahhabi yang jelas bercanggah dengan akidah salaf dan khalaf adalah :

1-     Wahhabi mempercayai bahawa  Allah duduk diatas Kursi.

Lihat kitab Wahhabi Fathul Majid Syarah Kitabut Tauhid m/s 485 cetakan Maktabah Muayyad dan Maktabah Darul Bayan karangan Abdur Rahman bin Hasan yang merupakan cucu kepada Muhammad bin Abdul Wahhab.  

Ini merupakan akidah yang bercanggah dengan islam kerana menyamakan Allah dengan makhlukNya, ianya juga tidak dinyatakan dalam Al-Quran dan Al-Hadith serta bercanggah dengan usul keimanan mensucikan Allah dari sifat makhlukNya sepertimana dinyatakan oleh Allah di dalam surah Al-Ikhlas ayat 4 yang bermaksud :
Reply

Use magic Report

Post time 9-8-2006 05:57 PM | Show all posts
Saya bukanlah menyerang saudara jauhi sekali memusuhi islam, saya cuma memerlukan bantuan saudara untuk memahami lebih lanjut, apa yang saudara nyatakan melibatkan keimanan saya, dan keimanan saya melibat kehidupan saya yang sebenar di alam akhirat, saya tidak akan memperjudikan syurga dan neraka semata-mata dengan kata-kata atau dakwaan saudara.

Saya berharap bantuan saudara, atas dasar iman dan islam untuk menjelaskan pada saya bagaimanakah saya harus beriman pada ayat-ayat berikut apabila melibatkan isu Allah bersemayam di Arasy?

apakah yang dinyatakan oleh Nabi Allah s.a.w tentang ayat-ayat berikut dan bagaimanakah pegangan Sahabat-sahabat Nabi s.a.w. dan juga imam-imam mazhab didalam memahami ayat-ayat berkaitan...

Didalam surah al-Arasy
[54] Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang Menciptakan langit dan bumi dalam enam masa lalu Dia bersemayam di atas Arasy; Dia melindungi malam dengan siang yang mengiringinya dengan deras (silih berganti) dan (Dia pula Yang Menciptakan) matahari dan bulan serta bintang-bintang, (semuanya) tunduk kepada perintahNya. Ingatlah, kepada Allah jualah tertentu urusan menciptakan (sekalian makhluk) dan urusan pemerintahan. Maha Suci Allah Yang Mencipta dan Mentadbirkan sekalian alam

Didalam surah ar-Ra'd
[2] Allah jualah yang menjadikan langit terangkat tinggi dengan tiada bertiang sebagaimana yang kamu melihatnya, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy dan Dia memudahkan matahari dan bulan (untuk faedah makhluk-makhlukNya); tiap-tiap satu dari keduanya beredar untuk suatu masa yang telah ditetapkan. Allah jualah yang mentadbirkan segala urusan; Dia menerangkan tanda-tanda kekuasaanNya satu-persatu, supaya kamu yakin kepada pertemuan Tuhan kamu (untuk menerima balasan).

Didalam surah al-Furqan
[59] Tuhan yang menciptakan langit dan bumi serta segala yang ada di antara keduanya, dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy, Ialah Ar-Rahman (Tuhan Yang Maha Pemurah); maka bertanyalah akan hal itu kepada Yang Mengetahuinya.
Reply

Use magic Report

Post time 9-8-2006 06:13 PM | Show all posts
Salam Selawat keatas Nabi Muhammad dan Ahlulbaitnya...

Menarik sungguh artikel ini.....

Wassalam
Reply

Use magic Report

Follow Us
Post time 9-8-2006 11:13 PM | Show all posts
its all about interpretation...people interpret differently
Reply

Use magic Report

Post time 9-8-2006 11:14 PM | Show all posts
Bersabda RSAW "Akan keluar satu kaum di akhir zaman orang-orang muda yang berfahaman buruk. Mereka banyak mengucapkan perkataan ''khairilbariyah'' (maksudnya fadhilat, firman Tuhan dan hadis nabi). Iman mereka tidak melebihi kerongkong mereka. Meerka keluar dari agama sebagai meluncurnya anak panah dari busurnya. Kalau orang-orang ini berjumpa denganmu lawanlah mereka.

Hadis sahih Riwayat Imam Bukhari

Kepada abusyafiq, usaha yg baik dan teruskan....

Buat elbecks, bukan semua org mampu utk tafsirkan al quran dan hadis dengan akal sendiri dengan tepat dan menepati maksud hhanya mereka yg bertaraf ariffbillah sahaja yg mampu berbuat demikian. Jika golongan alimbillah, takut2 mereka tersungkur dalam fahaman muktazillah dan yg sewaktu dengannya...

[ Last edited by  serihartatie at 10-8-2006 09:30 AM ]
Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


Post time 9-8-2006 11:51 PM | Show all posts
Originally posted by nahzaluz at 9-8-2006 05:21 PM
menarik artikel ni. kalau boleh kita pakat2 check betul ke apa yg didakwa. kalu saya ada masa saya try setakat yg sempat sbb kitab Fathul Majid tu kwn saya ada.



jangan buat lebih kurang dah la ...
Reply

Use magic Report

Post time 10-8-2006 09:33 AM | Show all posts
Nah ni artikel tentang sifat Allah di kata duduk di atas arash..kursi ler yang dikatakan pegangan sesat kaum wahabi... Ni antara artikel penjelasan dari mereka yang menganut fahaman ini....  yang lebih jelas cuba korang dapatkan KITAB TAHZIB SYARAH AKIDAH THAHAWIYAH . ... yang menjelaskan banyak tentang akidah salaf ni....
Korang tak perlu komplen ler..pasal aku main paste & post ni.... sebab semua hujah mereka tentang ni telah disentuh oleh Ustaz Abdul Hakim Abdat ni...

           Dimana ALLAH
            Abdul Hakim bin Amir Abdat

            Saya akan menjelaskan salah satu aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah,
            yang telah hilang dari dada sebagian kaum muslimin, yaitu : tentang
            istiwaa Allah di atas Arsy-Nya yang sesuai dengan kebesaran dan
            kemuliaan-Nya. Sehingga bila kita bertanya kepada saudara kita ;
            Dimana Allah ? Kita akan mendapat dua jawaban yang bathil bahkan
            sebagiannya kufur..! :
              Allah ada pada diri kita ini ..!
              Allah dimana-mana di segala tempat !
            Jawaban yang pertama berasal dari kaum wihdatul wujud (kesatuan
            wujud Allah dengan manusia) yang telah dikafirkan oleh para Ulama
            kita yang dahulu dan sekarang. Sedangkan jawaban yang kedua keluar
            dari kaum Jahmiyyah (faham yang menghilangkan sifat-sifat Allah) dan
            Mu'tazilah, serta mereka yang sefaham dengan keduanya dari ahlul
            bid'ah.
            Rasulullah SAW pernah mengajukan pertanyaan kepada seorang budak
            perempuan milik Mua'wiyah bin Al-Hakam As-Sulamy sebagai ujian
            keimanan sebelum ia dimerdekakan oleh tuannya yaitu Mu'awiyah :
            Artinya :
            "Beliau bertanya kepadanya : "Di manakah Allah ?. Jawab budak
            perempuan : "Di atas langit. Beliau bertanya (lagi) : "Siapakah Aku
            ..?". Jawab budak itu : "Engkau adalah Rasulullah". Beliau bersabda
            : "Merdekakan ia ! .. karena sesungguhnya ia mu'minah (seorang
            perempuan yang beriman)".
            Hadits shahih. Dikeluarkan oleh Jama'ah ahli hadits, diantaranya :
              Imam Malik (Tanwirul Hawaalik syarah Al-Muwath-tho juz 3 halaman
              5-6).
              Imam Muslim (2/70-71)
              Imam Abu Dawud (No. 930-931)
              Imam Nasa'i (3/13-14)
              Imam Ahmad (5/447, 448-449)
              Imam Daarimi 91/353-354)
              Ath-Thayaalis di Musnadnya (No. 1105)
              Imam Ibnul Jaarud di Kitabnya "Al-Muntaqa" (No. 212)
              Imam Baihaqy di Kitabnya "Sunanul Kubra" (2/249-250)
              Imam Ibnu Khuzaimah -Imamnya para Imam- di Kitabnya "Tauhid" (hal.
              121-122)
              Imam Ibnu Abi 'Aashim di Kitab As-Sunnah (No. 489 di takhrij oleh
              ahli hadits besar Muhammad Nashiruddin Al-Albani).
              Imam Utsman bin Sa'id Ad-Daarimi di Kitabnya "Ar-Raddu 'Alal
              Jahmiyyah" (No. 60,61,62 halaman 38-39 cetakan darus Salafiyah).
              Imam Al-Laalikai di Kitabnya "As-Sunnah " (No. 652).
            PEMBAHASAN
            Pertama
            Hadist ini merupakan cemeti dan petir yang menyambar di kepala dan
            telinga ahlul bid'ah dari kaum Jahmiyyah dan Mu'tazilah dan yang
            sefaham dengan mereka, yaitu ; dari kaum yang menyandarkan aqidah
            mereka kepada Imam Abul Hasan Ali bin Ismail Al-Asy'ary, yaitu ;
            mereka mempunyai i'tiqad (berpendapat) :
            "ALLAH BERADA DI TIAP-TIAP TEMPAT ATAU ALLAH BERADA DIMANA-MANA .!?"

            Katakanlah kepada mereka : Jika demikian, yakni Allah berada
            dimana-mana tempat, maka Allah berada di jalan-jalan, di
            pasar-pasar, di tempat kotor dan berada di bawah mahluknya !?.
            Jawablah kepada mereka dengan firman Allah 'Azza wa Jalla :
            Artinya :
            "Maha suci Engkau ! ini adalah satu dusta yang sangat besar" (An-Nur
            : 16)
            "Maha suci Allah dari apa-apa yang mereka sifatkan " (Al-Mu'minun :
            91)
            "Maha Suci Dia ! Dan Maha Tinggi dari apa-apa yang mereka katakan
            dengan ketinggian yang besar". (Al-Isra : 43)

            Berkata Imam Adz-Dzahabi setelah membawakan hadits ini, di kitabnya
            "Al-Uluw" (hal : 81 diringkas oleh Muhammad Nashiruddin Al-Albani).
            Artinya :
            "Dan demikian ra'yu kami (setuju dengan hadits) setiap orang yang
            ditanya : "Dimana Allah ? "Dia segera dengan fitrahnya menjawab : Di
            atas langit !. Didalam hadits ini ada dua masalah : pertama :
            Disyariatkan pertanyaan seorang muslim : Dimana Allah ?. Kedua :
            Jawaban orang yang ditanya : (Allah) di atas langit ! Maka
            barangsiapa yang mengingkari dua masalah ini berarti ia telah
            mengingkari Al-Musthafa (Nabi) SAW".
            Dan telah berkata Imam Ad-Daarimi setelah membawakan hadits ini di
            kitabnya "Ar-Raddu 'Alal Jahmiyah (hal: 39): "Di dalam hadits
            Rasulullah SAW ini, ada dalil bahwa seseorang apabila tidak
            mengetahui sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla berada di atas langit
            bukan bumi, tidaklah ia seorang mu'min".
            Tidaklah engkau perhatikan bahwa Rasulullah SAW telah menjadikan
            tanda/alamat keimanannya (yaitu budak perempuan) tentang
            pengetahuannya sesungguhnya Allah di atas langit. Dan pada
            pertanyaan Rasulullah SAW (kepada budak perempuan): "Dimana Allah
            ?". Mendustakan perkataan orang yang mengatakan : "Dia (Allah) ada
            di tiap-tiap tempat (dan) tidak boleh disifatkan dengan (pertanyaan)
            : Dimana .?
            Kedua
            Lafadz 'As-Samaa" menurut lughoh/bahasa Arab artinya : Setiap yang
            tinggi dan berada di atas. Berkata Az-Zujaaj (seorang Imam ahli
            bahasa) :
            Artinya :
            "(Lafadz) As-Samaa/langit di dalam bahasa dikatakan : Bagi tiap-tiap
            yang tinggi dan berada di atas. Dikatakan : atap rumah langit-langit
            rumah".
            Dinamakan "Awan" itu langit/As-Samaa, karena ia berada di atas
            manusia. Firman Allah 'Azza wa Jalla.
            Artinya :
            "Dan Ia turunkan dari langit Air (hujan)" (Al-Baqarah : 22).
            Adapun huruf "Fii" dalam lafadz hadits "Fiis-Samaa" bermakna "
            'Alaa" seperti firman Allah 'Azza wa Jalla :
            Artinya :
            "Maka berjalanlah kamu di atas/di muka bumi" (At-Taubah : 2)
            "Mereka tersesat di muka bumi" (Al-Maa'idah : 26)

            Lafadz "Fil Arldhii" dalam dua ayat diatas maknanya " 'Alal
            Arldhii", Maksudnya : Allah 'Azza wa Jalla berada di pihak/di arah
            yang tinggi -di atas langit- yakni di atas 'Arsy-Nya yang sesuai
            dengan kebesaran-Nya. Ia tidak serupa dengan satupun mahluk-Nya dan
            tidak satupun mahluk menyerupai-Nya.
            Firman Allah 'Azza wa Jalla :
            Artinya :
            "Tidak ada sesuatupun yang sama dengan-Nya, dan Ia-lah yang Maha
            Mendengar (dan) Maha Melihat". (As-Syura : 4)
            "Dan tidak ada satupun yang sama/sebanding dengan-Nya" (Al-Ikhlas :
            4)
            "Ar-Rahman di atas 'Arsy Ia istiwaa (bersemayam)". (Thaha : 5)
            "Sesungguhnya Tuhan kamu itu Allah yang telah menciptakan langit dan
            bumi dalam enam hari, kemudian ia istiwaa (bersemayam) di atas
            'Arsy".(Al-A'raf :54).
            Madzhab Salaf -dan yang mengikuti mereka- seperti Imam yang empat :
            Abu Hanifah, Malik, Syafi'iy dan Ahmad bin Hambal dan lain-lain
            Ulama termasuk Imam Abul Hasan Al-Asy'ari sendiri, mereka semuanya
            beriman bahwa ; Allah 'Azza wa Jalla ISTIWAA diatas 'Arsy-Nya sesuai
            dengan kebesaran dan keagungan-Nya.
            Mereka tidak menta'wil ISTIWAA/ISTAWAA dengan ISTAWLA yang artinya :
            Berkuasa. Seperti halnya kaum Jahmiyyah dan yang sefaham dengan
            mereka yang mengatakan "Allah istiwaa di atas 'Arsy" itu maknanya :
            Allah menguasai 'Arsy !. Bukan Dzat Allah berada di atas langit
            yakni di atas 'Arsy-Nya, karena Allah berada dimana-mana tempat
            !?... Mereka ini telah merubah perkataan dari tempatnya dan telah
            mengganti perkataan yang tidak pernah dikatakan Allah kepada mereka
            sama seperti kaum Yahudi (baca surat Al-Baqarah : 58-59).
            Katakan kepada mereka : Kalau makna istiwaa itu adalah
            istawla/berkuasa, maka Allah 'Azza wa Jalla berkuasa atas segala
            sesuatu bukan hanya menguasai 'Arsy. Ia menguasai langit dan bumi
            dan apa-apa yang ada diantara keduanya dan sekalian mahluk (selain
            Allah dinamakan mahluk). Allah 'Azza wa Jalla telah mengabarkan
            tentang istawaa-Nya diatas 'Arsy-Nya dalam tujuh tempat di dalam
            kitab-Nya Al-Qur'an. Dan semuanya dengan lafadz "istawaa". Ini
            menjadi dalil yang sangat besar bahwa yang dikehendaki dengan
            istawaa ialah secara hakekat, bukan "istawla" dengan jalan
            menta'wilnya.

..sambung..
Reply

Use magic Report

Post time 10-8-2006 09:38 AM | Show all posts
..sambung part 2..Di Mana Allah..

Telah berfirman Allah 'Azza wa Jalla di Muhkam Tanzil-Nya.
            Artinya :
            "Ar-Rahman di atas 'Arsy Ia istawaa" (Thaha : 5)
            "Kemudian Ia istawaa (bersemayam) di atas 'Arsy".
            Pada enam tempat. Ia berfirman di kitab-Nya yaitu :
              Surat Al-A'raf ayat 54
              Surat Yunus ayat 3
              Surat Ar-Ra'du ayat 2
              Surat Al-Furqaan ayat 59
              Surat As-Sajdah ayat 4
              Surat Al-Hadid ayat 4
            Menurut lughoh/bahasa, apabila fi'il istiwaa dimuta'adikan oleh
            huruf 'Ala, tidak dapat dipahami/diartikan lain kecuali berada
            diatasnya.
            Firman Allah 'Azza wa Jalla :
            Artinya :
            "Dan berhentilah kapal (Nuh) di atas gunung/bukit Judi" (Hud : 44).
            Di ayat ini fi'il "istawaa" dimuta'addikan oleh huruf 'Ala yang
            tidak dapat dipahami dan diartikan kecuali kapal Nabi Nuh AS secara
            hakekat betul-betul berlabuh/berhenti di atas gunung Judi. Dapatkah
            kita artikan bahwa "Kapal Nabi Nuh menguasai gunung Judi" yakni
            menta'wil lafadz "istawat" dengan lafadz "istawlat" yang berada di
            tempat yang lain bukan di atas gunung Judi..? (yang sama dengan ayat
            di atas, baca surat Az-Zukhruf : 13).
            Berkata Mujahid (seorang Tabi'in besar murid Ibnu Abbas).
            Artinya :
            "Ia istawaa (bersemayam) di atas "Arsy" maknanya :
            "Ia berada tinggi di atas "Arsy"
            (Riwayat Imam Bukhari di sahihnya Juz 8 hal : 175)
            Berkata Imam Ibnu Khuzaimah -Imamnya para Imam- di kitabnya
            "At-Tauhid" (hal: 101):
            Artinya :
            "Kami beriman dengan khabar dari Allah Jalla wa A'laa (yang Maha
            Besar dan Maha tinggi) sesungguhnya pencipta kami (Allah) Ia istiwaa
            di atas 'Arsy-Nya. Kami tidak akan mengganti/mengubah Kalam (firman)
            Allah dan kami tidak akan mengucapkan perkataan yang tidak pernah
            dikatakan (Allah) kepada kami sebagaimana (kaum) Jahmiyyah yang
            menghilangkan sifat-sifat Allah, dengan mengatakan "Sesungguhnya Ia
            (Allah) istawla (menguasai) 'Arsy-Nya tidak istawaa!". Maka mereka
            telah mengganti perkataan yang tidak pernah dikatakan (Allah) kepada
            mereka seperti perbuatan Yahudi tatkala mereka diperintah
            mengucapkan : "Hith-thatun (ampunkanlah dosa-dosa kami)" Tetapi
            mereka mengucapkan : "Hinthah (gandum).?". Mereka (kaum Yahudi)
            telah menyalahi perintah Allah yang Maha Besar dan Maha tinggi,
            begitu pula dengan (kaum) Jahmiyyah".
            Yakni, Allah telah menegaskan pada tujuh tempat di kitab-Nya yang
            mulia, bahwa Ia istiwaa di atas 'Arsy-Nya (Dzat Allah
            istiwaa/bersemayam di atas 'Arsy-Nya yang sesuai dengan
            kebesaran-Nya, sedangkan ilmu-Nya berada dimana-mana/tiap-tiap
            tempat tidak satupun tersembunyi dari pengetahuan-Nya). Kemudian
            datanglah kaum Jahmiyyah mengubah firman Allah istawaa dengan
            istawla yakni menguasai 'Arsy sedangkan Dzat Allah berada
            dimana-mana/tiap-tiap tempat !!!. Maha Suci Allah dari apa-apa yang
            disifatkan kaum Jahmiyyah !
            Adapun madzhab Salaf, mereka telah beriman dengan menetapkan
            (istbat) sesungguhnya Allah Azza wa Jalla istiwaa -dan bukan
            istawla- di atas 'Arsy-Nya tanpa :
              Tahrif yakni ; Merubah lafadz atau artinya.
              Ta'wil yakni ; Memalingkan dari arti yang zhahir kepada arti yang
              lain.
              Ta'thil yakni ; Meniadakan/menghilangkan sifat-sifat Allah baik
              sebagian maupun secara keseluruhannya.
              Tasybih yakni ; Menyerupakan Allah dengan mahluk.
              Takyif yakni ; Bertanya dengan pertanyaan : Bagaimana (caranya) ?
            Alangkah bagusnya jawaban Imam Malik ketika beliau ditanya :
            "Bagaimana caranya Allah istiwaa di atas 'Arsy ?. Beliau menjawab :
            Artinya :
            "Istiwaa itu bukanlah sesuatu yang tidak dikenal (yakni telah kita
            ketahui artinya), tetapi bagaimana caranya (Allah istiwaa) tidaklah
            dapat dimengerti, sedang iman dengannya (bahwa Allah istiwaa) wajib,
            tetapi bertanya tentangnya (bagaimana caranya) adalah bid'ah".
            (baca : Fatwa Hamawiyyah Kubra hal : 45-46)
            Perhatikan !
              'Arsy adalah mahluk Allah yang paling tinggi berada di atas tujuh
              langit dan sangat besar sekali sebagaimana diterangkan Ibnu Abbas
:
              Artinya :
              "Dan 'Arsy tidak seorangpun dapat mengukur berapa besarnya".
              Berkata Imam Dzahabi di kitabnya "Al-Uluw" (hal : 102) :
              rawi-rawinya tsiqaat (terpercaya).
              Muhammad Nashiruddin Al-Albani mengatakan : Sanadnya shahih semua
              riwayatnya tsiqaat. (dikeluarkan oleh Imam ibnu Khuzaimah di
              kitabnya "At-Tauhid").
              Bahwa Allah 'Azza wa Jalla -istiwaa-Nya di atas 'Arsy- tidak
              tergantung kepada 'Arsy. Bahkan sekalian mahluk termasuk 'Arsy
              bergantung kepada Allah Azza wa Jalla.
              Firman Allah 'Azza wa Jalla.
              Artinya :
              "Sesungguhnya Allah Maha Kaya dari sekalian alam" (Al-Ankabut : 6)
              Yakni : Allah tidak berkeperluan kepada sekalian mahluk".
            Ketiga
            Penunjukan Beberapa Dalil dari Al-Qur'an dan Hadits yang Shahih
            Firman Allah 'Azza wa Jalla.
            Artinya :
            "Apakah kamu merasa aman terhadap DZAT yang di atas langit, bahwa Ia
            akan menenggelamkan ke dalam bumi, maka tiba-tiba ia (bumi)
            bergoncang ?" (Al-Mulk : 16)
            "Ataukah kamu (memang) merasa aman terhadap DZAT yang di atas langit
            bahwa Ia akan mengirim kepada kamu angin yang mengandung batu
            kerikil ? Maka kamu akan mengetahui bagaimana ancaman-Ku". (Al-Mulk
            : 17).
            Berkata Imam Ibnu Khuzaimah -setelah membawakan dua ayat di atas di
            kitabnya "At-Tauhid" (hal : 115).
            Artinya :
            "Bukankah Ia telah memberitahukan kepada kita -wahai orang yang
            berakal- yaitu ; apa yang ada diantara keduanya sesungguhnya Ia di
            atas langit".
            Berkata Imam Abul Hasan Al-Asy'ary di kitabnya "Al-Ibanah Fi
            Ushulid-diayaanah hal : 48) setelah membawakan ayat di atas : "Di
            atas langit-langit itu adalah 'Arsy, maka tatkala 'Arsy berada di
            atas langit-langit. Ia berfirman : "Apakah kamu merasa aman terhadap
            Dzat yang berada di atas langit ?" Karena sesungguhnya Ia istiwaa
            (bersemayam) di atas 'Arsy yang berada di atas langit, dan tiap-tiap
            yang tinggi itu dinamakan 'As-Samaa" (langit), maka 'Arsy berada di
            atas langit. Bukankah yang dimaksud apabila Ia berfirman : "Apakah
            kamu merasa aman terhadap Dzat yang diatas langit ?" yakni seluruh
            langit ! Tetapi yang Ia kehendaki adalah 'Arsy yang berada di atas
            langit".
            Saya berpandangan (Abdul Hakim bin Amir Abdat) : Dua ayat di atas
            sangat tegas sekali yang tidak dapat dibantah dan ta'wil bahwa
            lafadz "MAN" tidak mungkin difahami selain dari Allah 'Azza wa
            Jalla. Bukan Malaikat-Nya sebagaimana dikatakan oleh kaum Jahmiyyah
            dan yang sepaham dengannya, yang telah merubah firman Allah 'Azza wa
            Jalla. Bukankah dlamir (kata ganti) pada fi'il (kata kerja)
            "yakhtsif" (Ia menenggelamkan) dan "yartsil" (Ia mengirim) adalah
            "huwa" (Dia) ? siapakah Dia itu kalau bukan Allah 'Azza wa Jalla.
            Firman Allah :
            Artinya :
            "Mereka (para Malaikat) takut kepada Tuhan mereka yang berada di
            atas mereka, dan mereka mengerjakan apa-apa yang diperintahkan".
            (An-Nahl : 50).
            Ayat ini tegas sekali menyatakan bahwa Allah 'Azza wa Jalla berada
            di atas bukan di mana-mana tempat. Karena lafadz "fawqo" (di atas)
            apabila di majrur dengan huruf "min" dalam bahasa Arab menunjukan
            akan ketinggian tempat. Dan tidak dapat di ta'wil dengan ketinggian
            martabat, sebagaimana dikatakan kaum Jahmiyyah dan yang sepaham
            dengan mereka. Alangkah zhalimnya mereka ini yang selalu
            merubah-rubah firman Tuhan kita Allah Jalla Jalaa Luhu.
            Berkata Imam Ibnu Khuzaimah di kitabnya "At-Tauhid" (hal : 111):
            "Tidaklah kalian mendengar firman pencipta kita 'Azza wa Jalla yang
            mensifatkan diri-Nya.
            Artinya :
            "Dan Dialah (Allah) yang Maha Kuasa di atas hamba-hamba-Nya".
            (Al-An'am : 18 & 61).            
sambung
Reply

Use magic Report

Post time 10-8-2006 09:41 AM | Show all posts
part 3....

Berkata Imam Ibnu Khuzaimah di kitabnya tersebut : "Tidakkah kalian
            mendengar wahai penuntut ilmu. Firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala kepada
            Isa bin Maryam :
            Artinya :
            "Wahai Isa ! Sesungguhnya Aku akan mengambilmu dan mengangkatmu
            kepada-Ku" (Ali Imran : 55)
            Ibnu Khuzaimah menerangkan : Bukankah "mengangkat" sesuatu itu dari
            bawah ke atas (ke tempat yang tinggi) tidak dari atas ke bawah!. Dan
            firman Allah 'Azza wa Jalla.
            Artinya :
            "Tetapi Allah telah mengangkat dia (yakni Nabi Isa) kepada-Nya"
            (An-Nisa' : 158).
            Karena "Ar-raf'ah" = mengangkat dalam bahasa Arab yang dengan bahasa
            mereka kita diajas berbicara (yakni Al-Qur'an) dalam bahasa Arab
            yang hanya dapat diartikan dari bawah ke tempat yang tinggi dan di
            atas" (kitab At-Tauhid : 111).
            Sekarang dengarlah wahai orang yang berakal, kisah Fir'aun bersama
            Nabi Allah Musa 'Alaihis Salam di dalam kitab-Nya yang mulia, dimana
            Fir'aun telah mendustakan Musa yang telah mengabarkan kepadanya
            bahwa Tuhannya Allah Subhanahu wa Ta'ala di atas langit :
            Artinya :
            "Dan berkata Fir'aun : Hai Haman! Buatkanlah untukku satu bangunan
            yang tinggi supaya aku (dapat) mencapai jalan-jalan. (Yaitu)
            jalan-jalan menuju ke langit supaya aku dapat melihat Tuhan(nya)
            Musa, karena sesungguhnya aku mengira dia itu telah berdusta".
            (Al-Mu'min : 36-37. Al-Qashash : 38).
            Perhatikanlah wahai orang yang berakal!. Perintah Fir'aun kepada
            Haman -menterinya- untuk membuatkan satu bangunan yang tinggi supaya
            ia dapat jalan ke langit untuk melihat Tuhannya Musa. Hal ini
            menunjukkan bahwa Nabi Musa telah memberitahukan kepadanya bahwa
            Tuhannya -Allah Subhanahu wa Ta'ala- berada di atas langit-.
            Kalau tidak demikian, yakni misalnya Nabi Musa mengatakan bahwa
            Tuhannya ada dimana-mana tempat -sebagaimana dikatakan kaum
            Jahmiyyah- tentu Fir'aun yang disebabkan karena kekafirannya dan
            pengakuannya sebagai Tuhan, akan mengerahkan bala tentaranya untuk
            mencari Tuhannya Musa di istananya, di rumah-rumah Bani Israil, di
            pasar-pasar dan di seluruh tempat di timur dan di barat !?. Tetapi
            tatkala Nabi Musa dengan perkataannya: "Sesungguhnya aku mengira dia
            ini berdusta !". Yakni tentang perkataan Musa bahwa Tuhannya di atas
            langit.
            Perhatikanlah, wahai orang yang berakal !. Keadaan Fir'aun yang
            mendustakan Nabi Musa dengan kaum Jahmiyyah dan yang sepaham dengan
            mereka yang telah merubah firman Allah dengan mengatakan : Allah ada
            di segala tempat !.
            Ketahuilah ! Bahwa pemahaman di atas bukanlah hasil dari pikiran
            saya (Abdul Hakim bin Amir Abdat) tetapi pemahaman Ulama-ulama kita
            diantaranya :
              Imam Ibnu Khuzaimah di kitabnya "At-Tauhid" (hal : 114-115)
              diantara keterangannya : "Perkataan Fir'aun (sesungguhnya aku
              menyangka/mengira ia termasuk dari orang-orang yang berdusta)
              terdapat dalil bahwa Musa telah memberitahukan kepada Fir'aun :"
              Bahwa Tuhannya Yang Maha Besar dan Maha Tinggi berada di tempat
              yang tinggi dan di atas".
              Berkata Imam Al-Asy'ary setelah membawakan ayat di atas : "Fir'aun
              telah mendustakan Musa tentang perkataannya : Sesungguhnya Allah
              di atas langit" (Al-Ibanah : 48).
              Berkata Imam Ad-Daarimi di kitabnya "Raddu 'Alal Jahmiyyah hal :
              37 Setelah membawakan ayat di atas : " Di dalam ayat ini terdapat
              keterangan yang sangat jelas dan dalil yang nyata, bahwa Musa
              telah mengajak Fir'aun mengenal Allah bahwa Ia berada di atas
              langit. Oleh karena itu Fir'aun memerintahkan membuat bangunan
              yang tinggi".
              Berkata Syaikhul Islam Al-Imam As-Shaabuny di kitabnya "Itiqad
              Ahlus Sunnah wa Ashabul Hadits wal A'imah " (hal : 15) :
              "Bahwasanya Fir'aun mengatakan demikian (yakni menuduh Musa
              berdusta) karena ia telah mendengar Musa AS menerangkan bahwa
              Tuhannya berada di atas langit. Tidakkah engkau perhatikan
              perkataannya : "Sesungguhnya aku mengira dia itu berdusta" yakni
              tentang perkataan Musa : Sesungguhnya di atas langit ada Tuhan".
              Imam Abu Abdillah Haarits bin Ismail Al-Muhaasiby diantara
              keterangannya : "Berkata Fir'aun : (Sesungguhnya aku mengira dia
              itu berdusta) tentang apa yang ia (Musa) katakan kepadaku :
              Sesungguhnya Tuhannya berada di atas langit". Kemudian beliau
              menerangkan : "Kalau sekiranya Musa mengatakan : "Sesungguhnya
              Allah berada di tiap-tiap tempat dengan Dzatnya, nisacaya Fir'aun
              akan mencari di rumahnya, atau di hadapannya atau ia merasakannya,
              -Maha Tinggi Allah dari yang demikian- tentu Fir'aun tidak akan
              menyusahkan dirinya membuat bangunan yang tinggi". (Fatwa
              Hamawiyyah Kubra : 73).
              Berkata Imam Ibnu Abdil Bar : "Maka (ayat ini) menunjukan
              sesungguhnya Musa mengatakan (kepada Fir'aun) : "Tuhanku di atas
              langit ! sedangkan Fir'aun menuduhnya berdusta". (baca Ijtimaaul
              Juyusy Al-Islamiyyah hal : 80).
              Berkata Imam Al-Waasithi di kitabnya "An-Nahihah fi Shifatir Rabbi
              Jalla wa 'Alaa" (hal : 23 cetakan ke-3 th 1982 Maktab Al-Islamy) :
              "Dan ini menunjukkan bahwa Musa telah mengabarkan kepadanya bahwa
              Tuhannya yang Maha Tinggi berada di atas langit. Oleh karena itu
              Fir'aun berkata : "Sesungguhnya aku mengira dia ini berdusta".

..sambung..
Reply

Use magic Report

Post time 10-8-2006 09:42 AM | Show all posts
adoi lah... elok lah kot kalau diedit sikit kasi kemas Hang

Tak ada selera nak baca kalau memanjang gitu tulisannya... nasib je pagi ni saya nak cepat, kalo dak, saya dah edit dah...
Reply

Use magic Report

Post time 10-8-2006 09:45 AM | Show all posts
Originally posted by antiQue at 10-8-2006 09:42 AM
adoi lah... elok lah kot kalau diedit sikit kasi kemas Hang

Tak ada selera nak baca kalau memanjang gitu tulisannya... nasib je pagi ni saya nak cepat, kalo dak, saya dah edit dah...


itu tulisan asal dari pengarangnya yang menerangkan akidah salaf yang di anutinya...
Kalau saya edit.... nanti dah tak ori....penjelasan dia...

harap maaf...!!
Reply

Use magic Report

Post time 10-8-2006 09:46 AM | Show all posts
part 4

Demikianlah penjelasan dari tujuh Imam besar di dalam Islam tentang
            ayat di atas, selain masih banyak lagi yang kesimpulannya: "Bahwa
            mendustakan Allah Subhanahu wa Ta'ala berada di atas langit di atas
            'Arsy-Nya, Ia istiwaa (bersemayam) yang sesuai dengan kebesaran dan
            keagungan-Nya, adalah; sunnahnya Fir'aun". Na'udzu billah !!.
            Sampai disini pembahasan beberapa dalil dari kitab Allah -salain
            masih banyak lagi- yang cukup untuk diambil pelajaran bagi mereka
            yang ingin mempelajarinya. Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala.
            Artinya :
            "Ambillah pelajaran wahai orang-orang yang mempunyai pandangan !"
            (Al-Hasyr : 2).
            Adapun dalil-dalil dari hadits Nabi SAW banyak sekali. Di bawah ini
            akan disebutkan beberapa diantaranya :
            Nabi kita SAW telah bersabda :
            Artinya :
            "Orang-orang yang penyayang, mereka itu akan disayang oleh Allah
            Tabaaraka wa Ta'ala (Yang Maha berkat dan Maha Tinggi). oleh karena
            itu sayangilah orang-orang yang di muka bumi, niscaya Dzat yang di
            atas langit akan menyayangi kamu". (Shahih. Diriwayatkan oleh
            Imam-imam : Abu Dawud No. 4941. Ahmad 2/160. Hakim 4/159. dari jalan
            Abdullah bin 'Amr bin 'Ash. Hadits ini telah dishahihkan oleh Imam
            Hakim dan telah pula disetujui oleh Imam Dzahabi. Demikian juga
            Al-Albani telah menyatakan hadits ini shahih dikitabnya "Silsilah
            Shahihah No. 925".
            "Barangsiapa yang tidak menyayangi orang yang di muka bumi, niscaya
            tidak akan disayang oleh Dzat yang di atas langit". (Shahih,
            diriwayatkan oleh Imam Thabrani di kitabnya "Mu'jam Kabir No. 2497
            dari jalan Jarir bin Abdullah. Imam Dzahabi di kitabnya "Al-Uluw"
            hal : 83 diringkas oleh Al-Albani) mengatakan : Rawi-rawinya
            tsiqaat/kepercayaan).
            "Tidakkah kamu merasa aman kepadaku padahal aku orang kepercayaan
            Dzat yang di atas langit, datang kepadaku berita (wahyu) dari langit
            di waktu pagi dan petang". (Shahih, diriwayatkan oleh Imam Bukhari,
            Muslim 3/111 dan Ahmad 3/4 dari jalan Abu Sa'id Al-Khudry).
            "Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya ! Tidak seorang suamipun
            yang mengajak istrinya ke tempat tidurnya (bersenggama), lalu sang
            istri menolaknya, melainkan Dzat yang di atas langit murka kepadanya
            sampai suaminya ridla kepadanya ".(Shahih, diriwayatkan oleh Imam
            Muslim 4/157 dari jalan Abu Hurarirah).
            Keterangan :
            "Dzat yang di atas langit yakni Allah 'Azza wa Jalla (perhatikan
            empat hadits diatas)".
            "Silih berganti (datang) kepada kamu Malaikat malam dan Malaikat
            siang dan mereka berkumpul pada waktu shalat shubuh dan shalat
            ashar. Kemudian naik malaikat yang bermalam dengan kamu, lalu Tuhan
            mereka bertanya kepada mereka, padahal Ia lebih tahu keadaan mereka
            : "Bagaimana (keadaan mereka) sewaktu kamu tinggalkan hamba-hamba-Ku
            ? Mereka menjawab : "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat dan
            kami datang kepada mereka dalam keadaan shalat". (Shahih,
            diriwayatkan oleh Imam Bukhari 1/139 dan Muslim 2/113 dll).
            Keterangan :
            "Sabda Nabi SAW : "Kemudian NAIK Malaikat-malaikat yang bermalam
            ...dst" Menunjukan bahwa Pencipta itu Allah Subhanahu wa Ta'ala
            berada di atas. Hal ini juga menunjukkan betapa rusaknya pikiran dan
            fitrahnya kaum Jahmiyyah yang mengatakan Pencipta kita, tidak berada
            di atas tetapi di segala tempat ? Maha Suci Allah ! Dan Maha Tinggi
            Allah dari segala ucapan kaum Jahmiyyah dan yang sepaham dengan
            mereka !.
            "Jabir bin Abdullah telah meriwayatkan tentang sifat haji Nabi dalam
            satu hadits yang panjang yang didalamnya diterangkan khotbah Nabi
            SAW di padang 'Arafah : "(Jabir menerangkan) : Lalu Nabi SAW
            mengangkat jari telunjuknya ke arah langit, kemudian beliau
            tunjukkan jarinya itu kepada manusia, (kemudian beliau berdo'a) :
            "Ya Allah saksikanlah ! Ya Allah saksikanlah ! ( Riwayat Imam Muslim
            4/41).
            Sungguh hadits ini merupakan tamparan yang pedas di muka-muka kaum
            Ahlul Bid'ah yang selalu melarang kaum muslimin merisyarat dengan
            jarinya ke arah langit. Mereka berkata : Kami khawatir orang-orang
            akan mempunyai i'tiqad bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala berada di
            atas langit ! Padahal Allah tidak bertempat tetapi Ia berada di
            segala tempat !?.
            Demikianlah kekhawatiran yang dimaksudkan syaithan ke dalam hati
            ketua-ketua mereka. Yang pada hakekatnya mereka ini telah membodohi
            Nabi SAW yang telah mengisyaratkan jari beliau ke arah langit.
            Perhatikanlah perkataan mereka : "Allah tidak bertempat tetapi Ia
            berada di segala tempat !?"
            Perhatikanlah ! Adakah akal yang shahih dan fitrah yang bersih dapat
            menerima dan mengerti perkataan di atas !?.
            Mereka mengatakan Allah tidak bertempat karena akan menyerupai
            dengan mahluk-Nya. Tetapi pada saat yang sama mereka tetapkan bahwa
            Allah berada di segala tempat atau di mana-mana tempat !?.
            Ya Subhanallah !
            Artinya :
            "Dari Ibnu Abbas (ia berkata) : " Bahwa Rasulullah SAW berkhotbah
            kepada manusia pada hari Nahr (tgl. 10 Zulhijah) -kemudian Ibnu
            Abbas menyebutkan khotbah Nabi SAW- kemudian beliau mengangkat
            kepalanya (ke langit) sambil mengucapkan : Ya Allah bukankah Aku
            telah menyampaikan ! Ya Allah bukankah aku telah menyampaikan !.
            (Riwayat Imam Bukhari Juz 2 hal : 191).
            Perhatikan wahai orang yang berakal ! Perbuatan Rasulullah SAW
            mengangkat kepalanya ke langit mengucapkan : Ya Allah !.
            Rasulullah SAW menyeru kepada Tuhannya Allah Subhanahu wa Ta'ala
            yang berada di atas langit yakni di atas 'Arsy di atas sekalian
            mahluk-Nya. Kemudian perhatikanlah kaum Jahmiyyah yang mengatakan
            Allah ada di segala tempat, di bawah mahluk, di jalan-jalan, di
            tempat-tempat yang kotor, dan di perut-perut hewan !?
            Maha Suci Allah ! Maha Suci Allah dari apa yang disifatkan oleh kaum
            Jahmiyyah dan yang sama dengan mereka !.
            Artinya :
            "Dari Aisyah, ia berkata : "Nabi SAW mengangkat kepalanya ke langit.
            (Riwayat Imam Bukhari 7/122).

sambung..
Reply

Use magic Report

Post time 10-8-2006 09:48 AM | Show all posts
part 5

Keempat
            Keterangan Para Sahabat Nabi SAW, dan Ulama-Ulama Islam.
            Adapun keterangan dari para sahabat Nabi SAW, dan Imam-imam kita
            serta para Ulama dalam masalah ini sangat banyak sekali, yang tidak
            mungkin kami turunkan satu persatu dalam risalah kecil ini, kecuali
            beberapa diantaranya.
              Umar bin Khatab pernah mengatakan :
              Artinya :
              "Hanyasanya segala urusan itu (datang/keputusannya) dari sini".
              Sambil Umar mengisyaratkan tangannya ke langit " [Imam Dzahabi di
              kitabnya "Al-Uluw" hal : 103. mengatakan : Sanadnya seperti
              Matahari (yakni terang benderang keshahihannya)].
              Ibnu Mas'ud berkata : Artinya : "'Arsy itu di atas air dan Allah
              'Azza wa Jalla di atas 'Arsy, Ia mengetahui apa-apa yang kamu
              kerjakan".
              Riwayat ini shahih dikeluarkan oleh Imam Thabrani di kitabnya
              "Al-Mu'jam Kabir" No. 8987. dan lain-lain Imam.
              Imam Dzahabi di kitabnya "Al-Uluw" hal : 103 berkata : sanadnya
              shahih,dan Muhammad Nashiruddin Al-Albani menyetujuinya (beliau
              meringkas dan mentakhrij hadits ini di kitab Al-Uluw).
              Tentang 'Arsy Allah di atas air ada firman Allah 'Azza wa Jalla.
              "Dan adalah 'Arsy-Nya itu di atas air" (Hud : 7)
              Anas bin Malik menerangkan :
              Artinya :
              "Adalah Zainab memegahkan dirinya atas istri-istri Nabi SAW, ia
              berkata : "Yang mengawinkan kamu (dengan Nabi) adalah keluarga
              kamu, tetapi yang mengawinkan aku (dengan Nabi) adalah Allah
              Ta'ala dari ATAS TUJUH LANGIT".
              Dalam satu lafadz Zainab binti Jahsyin mengatakan :
              "Sesungguhnya Allah telah menikahkan aku (dengan Nabi) dari atas
              langit". (Riwayat Bukhari juz 8 hal:176). Yakni perkawinan Nabi
              SAW dengan Zainab binti Jahsyin langsung Allah Ta'ala yang
              menikahinya dari atas 'Arsy-Nya.
              Firman Allah di dalam surat Al-Ahzab : 57
              "Kami kawinkan engkau dengannya (yakni Zainab)".
              Imam Abu Hanifah berkata :
              Artinya :
              "Barangsiapa yang mengingkari sesungguhnya Allah berada di atas
              langit, maka sesungguhnya ia telah kafir".
              Adapun terhadap orang yang tawaqquf (diam) dengan mengatakan "aku
              tidak tahu apakah Tuhanku di langit atau di bumi". Berkata Imam
              Abu Hanifah : "Sesungguhnya dia telah 'Kafir !".
              Karena Allah telah berfirman : "Ar-Rahman di atas 'Arsy Ia
              istiwaa". Yakni : Abu Hanifah telah mengkafirkan orang yang
              mengingkari atau tidak tahu bahwa Allah istiwaa diatas 'Arsy-Nya.
              Imam Malik bin Anas telah berkata :
              Artinya :
              "Allah berada di atas langit, sedangkan ilmunya di tiap-tiap
              tempat, tidak tersembunyi sesuatupun dari-Nya".
              Imam Asy-Syafi'iy telah berkata :
              Artinya :
              "Dan sesungguhnya Allah di atas 'Arsy-Nya di atas langit-Nya"
              Imam Ahmad bin Hambal pernah di tanya : "Allah di atas tujuh
              langit diatas 'Arsy-Nya, sedangkan kekuasaan-Nya dan ilmu-Nya
              berada di tiap-tiap tempat.?
              Jawab Imam Ahmad :
              Artinya :
              "Benar ! Allah di atas 'Arsy-Nya dan tidak sesuatupun yang
              tersembunyi dari pengetahuan-nya".
              Imam Ali bin Madini pernah ditanya : "Apa perkataan Ahlul Jannah
              ?".
              Beliau menjawab :
              Artinya :
              "Mereka beriman dengan ru'yah (yakni melihat Allah pada hari
              kiamat dan di sorga khusus bagi kaum mu'minin), dan dengan kalam
              (yakni bahwa Allah berkata-kata), dan sesungguhnya Allah 'Azza wa
              Jalla di atas langit di atas 'Arsy-Nya Ia istiwaa".
              Imam Tirmidzi telah berkata :
              Artinya :
              "Telah berkata ahli ilmu : "Dan Ia (Allah) di atas 'Arsy
              sebagaimana Ia telah sifatkan diri-Nya".
              (Baca : "Al-Uluw oleh Imam Dzahabi yang diringkas oleh Muhammad
              Nashiruddin Al-Albani di hal : 137, 140, 179, 188, 189 dan 218.
              Fatwa Hamawiyyah Kubra oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah hal: 51,
              52, 53, 54 dan 57).
              Telah berkata Imam Ibnu Khuzaimah -Imamnya para imam- :
              Artinya :
              "Barangsiapa yang tidak menetapkan sesungguhnya Allah Ta'ala di
              atas 'Arsy-Nya Ia istiwaa di atas tujuh langit-Nya, maka ia telah
              kafir dengan Tuhannya...".
              (Riwayat ini shahih dikeluarkan oleh Imam Hakim di kitabnya
              Ma'rifah "Ulumul Hadits" hal : 84).
              Telah berkata Syaikhul Islam Imam Abdul Qadir Jailani -diantara
              perkataannya- :
              "Tidak boleh mensifatkan-Nya bahwa Ia berada diatas tiap-tiap
              tempat, bahkan (wajib) mengatakan : Sesungguhnya Ia di atas langit
              (yakni) di atas 'Arsy sebagaimana Ia telah berfirman :"Ar-Rahman
              di atas 'Arsy Ia istiwaa (Thaha : 5). Dan patutlah memuthlakkan
              sifat istiwaa tanpa ta'wil sesungguhnya Ia istiwaa dengan Dzat-Nya
              di atas 'Arsy. Dan keadaan-Nya di atas 'Arsy telah tersebut pada
              tiap-tiap kitab yang. Ia turunkan kepada tiap-tiap Nabi yang Ia
              utus tanpa (bertanya):"Bagaimana caranya Allah istiwaa di atas
              'Arsy-Nya ?" (Fatwa Hamawiyyah Kubra hal : 87).
              Yakni : Kita wajib beriman bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala istiwaa
              di atas 'Arsy-Nya yang menunjukkan bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala
              di atas sekalian mahluk-Nya. Tetapi wajib bagi kita meniadakan
              pertanyaan : "Bagaimana caranya Allah istiwaa di atas 'Arsy-Nya
              ?". Karena yang demikian tidak dapat kita mengerti sebagaimana
              telah diterangkan oleh Imam Malik dan lain-lain Imam. Allah
              istiwaa sesuai dengan kebesaran-Nya tidak serupa dengan istiwaanya
              mahluk sebagaimana kita meniadakan pertanyaan : Bagaimana Dzatnya
              Allah ?.
            Demikianlah aqidah salaf, salah satunya ialah Imam Abdul Qadir
            Jailani yang di Indonesia, di sembah-sembah dijadikan berhala oleh
            penyembah-penyembah qubur dan orang-orang bodoh. Kalau sekiranya
            Imam kita ini hidup pada zaman kita sekarang ini dan beliau melihat
            betapa banyaknya orang-orang yang menyembah dengan meminta-minta
            kepada beliau dengan "tawasul", tentu beliau akan mengingkari dengan
            sangat keras dan berlepas diri dari qaum musyrikin tersebut.
            Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'un !!.
            Kelima
            Kesimpulan
            Hadits Jariyah (budak perempuan) ini bersama hadits-hadits yang lain
            yang sangat banyak dan berpuluh-puluh ayat Al-Qur'an dengan tegas
            dan terang menyatakan : "Sesungguhnya Pencipta kita Allah 'Azza wa
            Jalla di atas langit yakni di atas 'Arsy-Nya, yang sesuai dengan
            kebesaran dan keagungan-Nya". Maha Suci Allah dari menyerupai
            mahluk-Nya.!.
            Dan Maha Suci Allah dari ta'wilnya kaum Jahmiyyah yang mengatakan
            Allah ada dimana-mana tempat !??.
            Dapatlah kami simpulkan sebagai berikut :
              Sesungguhnya bertanya dengan pertanyaan : "Dimana Allah ?,
              disyariatkan dan penanya telah mengikuti Rasulullah SAW.
              Wajib menjawab : "Sesungguhnya Allah di atas langit atau di atas
              'Arsy". Karena yang dimaksud di atas langit adalah di atas 'Arsy.
              Jawaban ini membuktikan keimanannya sebagai mu'min atau mu'minah.
              Sebagaimana Nabi SAW, telah menyatakan keimanan budak perempuan,
              karena jawabannya : Allah di atas langit !.
              Wajib mengi'tiqadkan sesungguhnya Allah di atas langit, yakni di
              atas 'Arsy-Nya.
              Barangsiapa yang mengingkari wujud Allah di atas langit, maka
              sesungguhnya ia telah kafir.
              Barangsiapa yang tidak membolehkan bertanya : Dimana Allah ? maka
              sesungguhnya ia telah menjadikan dirinya lebih pandai dari
              Rasulullah SAW, bahkan lebih pandai dari Allah Subhanahu wa
              Ta'ala. Na'udzu billah.
              Barangsiapa yang tidak menjawab : Sesungguhnya Allah di atas
              langit, maka bukanlah ia seorang mukmin atau mukminah.
              Barangsiapa yang mempunyai iti'qad bahwa bertanya :"Dimana Allah
              ?" akan menyerupakan Allah dengan mahluk-nya, maka sesunguhnya ia
              telah menuduh Rasulullah SAW jahil/bodoh !. Na'udzu billah !
              Barangsiapa yang mempunyai iti'qad bahwa Allah berada dimana-mana
              tempat, maka sesunguhnya ia telah kafir.
              Barangsiapa yang tidak mengetahui dimana Tuhannya, maka bukankah
              ia penyembah Allah 'Azza wa Jalla, tetapi ia menyembah kepada
              "sesuatu yang tidak ada". .
Reply

Use magic Report


ADVERTISEMENT


Post time 10-8-2006 09:49 AM | Show all posts
Originally posted by serihartatie at 9-8-2006 11:14 PM
Bersabda RSAW "Akan keluar satu kaum di akhir zaman orang-orang muda yang berfahaman buruk. Mereka banyak mengucapkan perkataan ''khairilbariyah'' (maksudnya fadhilat, firman Tuhan dan hadis n ...


Saya berkata begini...

Maksud firman Allah didalam surah Ali-Imran;
[7] Dialah yang menurunkan kepadamu (wahai Muhammad) Kitab Suci Al-Quran. Sebahagian besar dari Al-Quran itu ialah ayat-ayat "Muhkamaat"; ayat-ayat Muhkamaat itu ialah ibu iisi Al-Quran dan yang lain lagi ialah ayat-ayat "Mutasyaabihaat" . Oleh sebab itu adapun orang-orang yang ada dalam hatinya kecenderungan ke arah kesesatan, maka mereka selalu menurut apa yang samar-samar dari Al-Quran untuk mencari fitnah dan mencari-cari Takwilnya. Padahal tidak ada yang mengetahui Takwilnya  melainkan Allah dan orang-orang yang tetap teguh serta mendalam pengetahuannya dalam ilmu-ilmu agama, berkata: Kami beriman kepadanya, semuanya itu datangnya dari sisi Tuhan kami dan tiadalah yang mengambil pelajaran dan peringatan melainkan orang-orang yang berfikiran.

dan sekiranya saudara-saudara sekalian benar-benar beriman pada wahyu Allah yang disampaikan melalui al-Quran yang terpelihara dan penerangan oleh Nabi Allah s.a.w. yang menyampaikan, maka adalah wajib saudara-saudara sekalian beriman pada ayat-ayat al-Quran seperti mana yang dinyatakan seperti ayat-ayat berikut;

Didalam surah al-Arasy
[54] Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang Menciptakan langit dan bumi dalam enam masa lalu Dia bersemayam di atas Arasy; Dia melindungi malam dengan siang yang mengiringinya dengan deras (silih berganti) dan (Dia pula Yang Menciptakan) matahari dan bulan serta bintang-bintang, (semuanya) tunduk kepada perintahNya. Ingatlah, kepada Allah jualah tertentu urusan menciptakan (sekalian makhluk) dan urusan pemerintahan. Maha Suci Allah Yang Mencipta dan Mentadbirkan sekalian alam

Didalam surah ar-Ra'd
[2] Allah jualah yang menjadikan langit terangkat tinggi dengan tiada bertiang sebagaimana yang kamu melihatnya, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy dan Dia memudahkan matahari dan bulan (untuk faedah makhluk-makhlukNya); tiap-tiap satu dari keduanya beredar untuk suatu masa yang telah ditetapkan. Allah jualah yang mentadbirkan segala urusan; Dia menerangkan tanda-tanda kekuasaanNya satu-persatu, supaya kamu yakin kepada pertemuan Tuhan kamu (untuk menerima balasan).

Didalam surah al-Furqan
[59] Tuhan yang menciptakan langit dan bumi serta segala yang ada di antara keduanya, dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy, Ialah Ar-Rahman (Tuhan Yang Maha Pemurah); maka bertanyalah akan hal itu kepada Yang Mengetahuinya.

dan sekiranya saudara-saudara sekalian tidak menemui sebarang hadis yang menerangkan bagaimana bersemayamnya Allah di Arasy seperti mana yang dinyatakan oleh Allah didalam ayat-ayat di atas hendaklah saudara-saudara sekalian BERIMAN SEPENUHNYA PADA AYAT-AYAT TERSEBUT DAN JANGANLAH SAUDARA BERSIKAP DAN BERLAGAK SERBA TAHU HINGGA KETAHAP MENGUJI ATAU MENYIFATKAN ALLAH MENGIKUT KEHENDAK-KEHENDAK PEMIKIRAN ATAU FALSAFAH SAUDARA...

SAYA MENCABAR MANA-MANA PIHAK YANG TIDAK BERSETUJU DENGAN HUJAH SAYA DIATAS UNTUK MENERANGKAN BAGAIMANAKAH FIZIKAL DIRI SAYA INI (AHMADI_BANGI) DENGAN TEPAT DAN BENAR BERDASARKAN POST-POST YANG TELAH SAYA HANTAR... BERAPAKAH TINGGI SAYA ? (DALAM CM), BERAPAKAH BERAT SAYA ? (DALAM KG), SIAPAKAH IBU DAN AYAH SAYA? SAYA BERASAL DARI MANA?, SAYA SUKA MAKAN APA? ADAKAH RUPA SAYA SEPERTI SAUDARA SHAIKH ATAU SEPERTI TASBIH_ONLINE? SAYA BERHARAP BAGI PIHAK YANG MENYATAKAN SAYA SESAT ATAU MEMUSUHI ISLAM DISEBABKAN SAYA TELAH BERIMAN PADA AYAT-AYAT ALLAH SEPERTI MANA YANG DIWAHYUKAN ALLAH AGAR MENCERITAKAN DENGAN TEPAT AKAN PERSOALAN TERSEBUT... ADAKAH SESIAPA DISINI MAMPU? ANDA ADALAH PEMBOHONG SEKIRANYA ANDA MENYATAKAN ANDA MAMPU...

MAKA ATAS TERSEBUT, SAYA BERTANYA MANA MUNGKIN ANDA DAPAT MENGUJI DAN MENERANGKAN SIFAT-SIFAT DAN ZAT ALLAH DENGAN TEPAT DENGAN HANYA MEMBACA MESEJ-MESEJ YANG DISAMPAIKAN OLEH ALLAH, CUKUPLAH PENERANGAN OLEH ALLAH DAN RASUL ALLAH DIDALAM URUSAN TERSEBUT...BERIMANLAH PADA AYAT TERSEBUT SEPERTI MANA YANG DIWAHYUKAN OLEH ALLAH DAN DIAMKANLAH SEKIRANYA TIDAK BERJUMPA TAFISRAN DAN PENERANG DARI RASUL ALLAH S.A.W.

SEKIRANYA SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN TIDAK MEMAHAMI BAHASA ARAB DENGAN SEMPURNA DAN MEMPUNYAI ILMU YANG MANTAP, MAKA LANGKAH YANG TERBAIK BUAT MENJAGA IMAN DAN ISLAM SAUDARA SEKALIAN IALAH DENGAN BERIMAN PADA AYAT-AYAT TERSEBUT SEPERTI MANA YANG DIWAHYUKAN OLEH ALLAH, PERLU DIINGAT BAHAWA MENAFIKAN AYAT-AYAT DIATAS BOLEH MEMBAWA KEPADA MURTAD DAN MENAKWILKANNYA BELUM TENTU TEPAT...

MUNDUR DAN LEMAHNYA UMAT ISLAM HARI INI ADALAH KERANA SIKAP DAN PEMIKIRAN UMAT ISLAM YANG BEGITU TAKSUB MENGUJI DAN CUBA MEMAHAMI ALAM GHAIB, SEDANGKAN YANG DISURUH DAN DIAJAR OLEH ALLAH & RASUL ALLAH IALAH BERIMAN PADA YANG GHAIB DAN UJI SERTA TEROKAILAH ALAM FIZIKAL.

SEBAGAI CONTOH SEPERTI YANG DINYATAKAN PADA SURAH AL-BAQARAH;

[164] Sesungguhnya pada kejadian langit dan bumi dan (pada) pertukaran malam dan siang dan (pada) kapal-kapal yang belayar di laut dengan membawa benda-benda yang bermanfaat kepada manusia; demikian juga (pada) air hujan yang Allah turunkan dari langit lalu Allah hidupkan dengannya tumbuh-tumbuhan di bumi sesudah matinya, serta Dia biakkan padanya dari berbagai-bagai jenis binatang; demikian juga (pada) peredaran angin dan awan yang tunduk (kepada kuasa Allah) terapung-apung di antara langit dengan bumi; sesungguhnya (pada semuanya itu) ada tanda-tanda (yang membuktikan keesaan Allah kekuasaanNya, kebijaksanaanNya dan keluasan rahmatNya) bagi kaum yang (mahu) menggunakan akal fikiran

wallahu'alam..

wassalam

[ Last edited by  ahmadi_bangi at 10-8-2006 10:00 AM ]
Reply

Use magic Report

Post time 10-8-2006 09:52 AM | Show all posts
Final.....

Ketahuilah ! Bahwa sesunguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala di atas
              langit, yakni di atas 'Arsy-Nya di atas sekalian mahluk-Nya, telah
              setuju dengan dalil naqli dan aqli serta fitrah manusia. Adapun
              dalil naqli, telah datang berpuluh ayat Al-Qur'an dan hadits yang
              mencapai derajat mutawatir. Demikian juga keterangan Imam-imam dan
              Ulama-ulama Islam, bahkan telah terjadi ijma' diantara mereka
              kecuali kaum ahlul bid'ah. Sedangkan dalil aqli yang sederhanapun
              akan menolak jika dikatakan bahwa Allah berada di segala tempat !.
              Adapun fitrah manusia, maka lihatlah jika manusia -baik muslim
              atau kafir- berdo'a khususnya apabila mereka terkena musibah,
              mereka angkat kepala-kepala mereka ke langit sambil mengucapkan
              'Ya ... Tuhan..!. Manusia dengan fitrahnya mengetahui bahwa
              penciptanya berada di tempat yang tinggi, di atas sekalian
              mahluk-Nya yakni di atas 'Arsy-Nya. Bahkan fitrah ini terdapat
              juga pada hewan dan tidak ada yang mengingkari fitrah ini kecuali
              orang yang telah rusak fitrahnya.
            Tambahan
            Sebagian ikhwan telah bertanya kepada saya (Abdul Hakim bin Amir
            Abdat) tentang ayat :
            Artinya :
            "Dan Dia-lah Allah di langit dan di bumi, Dia mengetahui rahasia
            kamu dan yang kamu nyatakan, dan Dia mengetahui apa-apa yang kamu
            kerjakan ". (Al-An'am : 3)
            Saya jawab : Ahli tafsir telah sepakat sebagaimana dinukil Imam Ibnu
            Katsir mengingkari kaum Jahmiyyah yang membawakan ayat ini untuk
            mengatakan :
            "Innahu Fii Qulli Makaan"
            "Sesungguhnya Ia (Allah) berada di tiap-tiap tempat !".
            Maha Suci Allah dari perkataan kaum Jahmiyyah ini !
            Adapun maksud ayat ini ialah :
              Dialah yang dipanggil (diseru/disebut) Allah di langit dan di
              bumi.
              Yakni : Dialah yang disembah dan ditauhidkan (diesakan) dan
              ditetapkan bagi-Nya Ilaahiyyah (Ketuhanan) oleh mahluk yang di
              langit dan mahluk yang di bumi, kecuali mereka yang kafir dari
              golongan Jin dan manusia.
            Ayat tersebut seperti juga firman Allah Subhanahu wa Ta'ala.
            Artinya :
            "Dan Dia-lah yang di langit (sebagai) Tuhan, dan di bumi (sebagai)
            Tuhan, dan Dia Maha Bijaksana (dan) Maha mengetahui". (Az-Zukhruf :
            84)
            Yakni : Dia-lah Allah Tuhan bagi mahluk yang di langit dan bagi
            mahluk yang di bumi dan Ia disembah oleh penghuni keduanya. (baca :
            Tafsir Ibnu Katsir Juz 2 hal 123 dan Juz 4 hal 136).
            Bukanlah dua ayat di atas maksudnya : Allah ada di langit dan di
            bumi atau berada di segala tempat!. Sebagaimana ta'wilnya kaum
            Jahmiyyah dan yang sepaham dengan mereka. Atau perkataan orang-orang
            yang "diam" Tidak tahu Allah ada di mana !.
            Mereka selain telah menyalahi ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadits Nabi
            serta keterangan para sahabat dan Imam-imam Islam seluruhnya, juga
            bodoh terhadap bahasa Arab yang dengan bahasa Arab yang terang
            Al-Quran ini diturunkan Allah Subhanahu wa Ta'ala.
            Imam Abu Abdillah Al-Muhasiby dalam keterangan ayat di atas
            (Az-Zukhruf : 84) menerangkan : "Yakni Tuhan bagi penduduk langit
            dan Tuhan bagi penduduk bumi. Dan yang demikian terdapat di dalam
            bahasa, (umpamanya ) engkau berkata : "Si Fulan penguasa di (negeri)
            Khirasan, dan di Balkh, dan di Samarqand", padahal ia berada di satu
            tempat". Yakni : Tidak berarti ia berada di tiga tempat meskipun ia
            menguasai ketiga negeri tersebut. Kalau dalam bahasa Indonesia,
            umpamanya kita berkata "Si Fulan penguasa di Jakarta, dan penguasa
            di Bogor, dan penguasa di Bandung". Sedangkan ia berada di satu
            tempat.
            Bagi Allah ada perumpamaan/misal yang lebih tinggi (baca : Fatwa
            Hamawiyyah Kubra hal : 73).
            Adapun orang yang "diam" (tawaqquf) dengan mengatakan : "Kami tidak
            tahu Dzat Allah di atas 'Arsy atau di bumi", mereka ini adalah
            orang-orang yang telah memelihara kebodohan !. Allah Rabbul 'Alamin
            telah sifatkan diri-Nya dengan sifat-sifat ini, yang salah satunya
            bahwa Ia istiwaa (bersemayam) di atas 'Arsy-Nya supaya kita
            mengetahui dan menetapkannya. Oleh karena itu "diam" darinya dengan
            ucapan "kita tidak tahu" nyata telah berpaling dari maksud Allah.
            Pantaslah kalau Abu Hanifah mengkafirkan orang yang berfaham
            demikian, sama seperti orang yang menta'wilnya.

Ini penjelasan tentang akidah salafi tu.... La ni kalau wahabi tu sesat lagi menyesatkan... kenapa JAKIM + Majlis FAtwa tak fatwakan yang ajaran Wahabi ni sesat... Kalau benar dakwaan yang kata Wahabi ni sesat tapi JAKIM tak fatwakan macam tu.... makna ulama-ulama kat jakim tu tak lain melainkan syaitan bisu kot....
Reply

Use magic Report

Post time 10-8-2006 09:57 AM | Show all posts
Originally posted by Hang at 10-8-2006 09:46 AM
part 4

Demikianlah penjelasan dari tujuh Imam besar di dalam Islam tentang
            ayat di atas, selain masih banyak lagi yang kesimpulannya: "Bahwa
            mendustakan Allah Su ...


alahai HANG...bagi cantik sikit ler  klau yerpun nak C & P ..hehehe...

WAHABI...hermm...bukan senang nak balik ke asal apabila ANAK PANAH sudah keluar dari BUSURNYA..sebab MULUK sekali kelihatannya apabila PEMANAH mengangkat BUSUR dan memanah seterusnya melihat ANAK PANAH yg meluncur laju, memng cantik kelihatn di mata manusia tetapi mereka lupa jika anak PANAH itu tertusuk ke MATA sendiri, susah nak ubat dah...alamatnya dah jadi BUTA...
Reply

Use magic Report

Post time 10-8-2006 10:00 AM | Show all posts
Originally posted by Hang at 10-8-2006 09:45 AM


itu tulisan asal dari pengarangnya yang menerangkan akidah salaf yang di anutinya...
Kalau saya edit.... nanti dah tak ori....penjelasan dia...

harap maaf...!!


Bukan tulisannya yg saya suruh edit, tapi cara benda tu di pastekan..

takpe... Hang taknak edit, nanti petang / malam saya edit... kasi nampak cantik sikit... senang nak dibaca...
Reply

Use magic Report

You have to log in before you can reply Login | Register

Points Rules

 

ADVERTISEMENT



 

ADVERTISEMENT


 


ADVERTISEMENT
Follow Us

ADVERTISEMENT


Mobile|Archiver|Mobile*default|About Us|CariDotMy

22-12-2024 03:55 PM GMT+8 , Processed in 1.273243 second(s), 37 queries , Gzip On, Redis On.

Powered by Discuz! X3.4

Copyright © 2001-2021, Tencent Cloud.

Quick Reply To Top Return to the list